Kamis, 22 Agustus 2013

Super Hero Klasik Indonesia; a Tribute Part 1: Character Design

Sebagai penggemar bacaan komik bergenre Super Hero, selain sudah pasti pengagum berat karakter-karakter populer dari luar negeri terutama tokoh-tokoh yang diterbitkan oleh DC Comics dan Marvel. Karakter pahlawan super ciptaan komikus lokal juga tentunya tidak luput dari perhatian, terlepas dari berbagai kekurangan dari segi teknis (cerita, kualitas cetak, visualisasi, etc.) maupun kontroversinya (adaptasi/ meniru langsung dari karakter luar negeri).

Pahlawan Super lokal yang sangat menarik perhatian saya dan cukup membuat jatuh hati adalah yang lahir sekitar tahun 60 - 70'an, melalui tangan dingin komikus dalam negeri seperti Wid NS. dan Hasmi. Tokoh-tokoh seperti Godam, Gundala, Maza, Pangeran Mlaar dan Aquanus selalu saya nantikan kisah-kisah sepak terjangnya dan sangat inspiratif di masa saya mulai tumbuh dan berkembang dalam mengapresiasi seni sequential (komik, animasi, film).

Kini setelah sekian lama saya berkecimpung dalam salah satu bidang seni sequential yaitu animasi 2D, terbersit pemikiran atau ide serta rasa penasaran saya untuk mencari tahu kira-kira seperti apa bentuknya jika tokoh-tokoh pahlawan super lokal tersebut diangkat dan diadaptasikan ke dalam medium animasi 2D.

Berikut ini adalah kira-kira gambaran dan tahap awal jika saya berkesempatan untuk melakukan adaptasi tersebut.

Dimulai dari desain karakternya :



Berikut desain karakter alternatif lainnya, mungkin untuk cerita yang lebih bersifat komedi (cartoony) atau ditujukan untuk anak-anak usia 5 sampai 10 tahun.





Sebagai catatan penting, hak cipta karakter-karakter tersebut adalah sepenuhnya milik penciptanya dan atau pihak yang memiliki copyright dan lisensi yang sah. Saya menggunakan atau meminjam karakter-karakter tersebut hanya dalam kapasitas saya sebagai penggemar dan sepenuhnya untuk keperluan kesenangan semata (fan art) dan edukasi. Tidak ada tujuan untuk meraih keuntungan finansial apapun atau untuk keperluan komersial dan tidak untuk diperjual belikan.
Namun jika ternyata ada investor yang berminat dan didukung oleh pemilik lisensi tentunya saya dengan senang hati akan bersedia membantu secara professional and you know where to find me :)

Next, part 2 : Animasinya (tergantung juga sih dari banyaknya yg respons) ?




4 komentar: